Menyelesaikan Kubik-Rubik dengan logika, Versi Zuhdi (PART 1)

SEJARAH KUBIK-RUBIK :

Permainan kubik ini pertama kali ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang pengukir dari Hungaria dan profesor arsitektur bernama Erno Rubik. Pada mulanya permainan ini dikenal dengan nama “Magic Cube” atau “Rubik’s Cube” kemudian permainan ini di Lisensi dan dijual umum pada tahun 1980. Pada saat peluncuran perdana, Rubik’s Cube mendapatkan penghargaan sebagai Best Puzzle pada Jerman Games of the Year. Sekitar 350 juta Rubik’s Cube telah terjual di seluruh dunia hingga Januari 2009.

Kita sebut saja nama permainan ini Kubik-Rubik biar mudah di ingat, di Indonesia permainan kubik-rubik ini pun sangat digemari bukan hanya di kalangan anak-anak saja tetapi remaja, dan orang tua pun senang memainkannya, bahkan di Jakarta didirikan JRCC (Jakarta Rubik’s Cube Club) club para penggemar Kubik-Rubik, sekelompok anak muda yang memiliki hobi speedcubing ini berlomba menyelesaikan permainan Kubik-Rubik dalam waktu yang sangat cepat. Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubik-Rubik ini berhasil dicetak oleh Abel Brata susilo yang mempu menyelesaikannya dalam waktu 19,33 detik pada acara HUT Museum Rekor-Dunia Indonesia pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. (sumber: metrobalikpapan.co.id)

Permainan Kubik-Rubik ini sangat baik untuk mengasah otak dan menguji kecerdasan. Tapi jangan remehkan permainan ini, jangan harap anda bisa menyelesaikannya tanpa ILMU, silahkan dibuktikan sendiri...!!

Tapi jangan khawatir jika anda sudah mentok, silahkan ikuti “3 Langkah Mudah Bermain Kubik-Rubik” berikut ini :


LANGKAH-1 (Tentukan Warna Pilihan, Posisikan Tetap Diatas):


Pertama, tentukan warna pilihan paling atas tengah lantai-3/Layer paling atas (misal: Warna Merah).
Posisikan warna pilihan anda ini tetap diatas ketika anda memutar-mutar kubik-rubik nantinya.




LANGKAH-2 (Pahami ‘3’ Prinsip Perletakan, Gunakan Untuk Lantai-3 & Lantai-2) :

• Prinsip-1 (Untuk Lantai-3) : ***

Untuk menjadikan warna merah yang berada dipinggir tengah lantai-3, maka posisikan dulu warna merah berada di salah satu posisi di lantai-1, seperti ditunjukkan pada gambar.



• Prinsip-2 (Untuk Lantai-3) : ***

Untuk menjadikan warna merah yang berada dipinggir pojok lantai-3, maka posisikan dulu warna merah berada di salah satu posisi di lantai-1, seperti ditunjukkan pada gambar.




• Prinsip-3 (Untuk Lantai-2) : **

Untuk menjadikan warna hijau/kuning yang berada dipinggir tengah lantai-2, maka posisikan dulu warna hijau/kuning berada di posisi pinggir tengah bawah di lantai-2 yang berada dibawahnya, seperti ditunjukkan pada gambar.




PRAKTEK MENYELESAIKAN LANTAI-3 & 2 :

Setelah anda memahami 3 prinsip di atas selanjutnya gunakan prinsip tersebut untuk menyelesaikan kubik-rubik di lantai-3 & 2, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :


2a. Membentuk Cross di Lt-3 (Gunakan Prinsip-1) :


Gunakan prinsip-1 untuk membentuk cross (+) di sisi atas lantai-3, seperti gambar disamping:
Untuk membuat cross sendiri juga harus memperhatikan warna center lantai-2 (sisi samping) sehingga cross akan terbentuk nyambung dengan center lantai-2 (Lihat sisi warna merah-hijau, warna hijau juga harus sewarna dengan center hijau). Berikut ini penerapannya:


Ada 3 kondisi yang terbentuk setelah anda memposisikan warna sesuai Prinsip-1 *** :
• Kondisi Satu :
Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Dua : Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Tiga :
Gerakan penyelesaian :
2b. Membentuk “T” di sisi samping Lt-3 (Gunakan Prinsip-2) :

Gunakan prinsip-2 untuk menyelesaikan ujung-ujung lantai-3 sehingga terbentuk “T” (sisi samping), seperti gambar disamping:
Untuk menyelesaikan ujung Lt.3 ini anda harus memperhatikan 3 warna disampingnya (merah,hijau,&kuning) sehingga jika dilihat dari sisi kanan/kiri akan terbentuk huruf “T” Lihat sisi warna merah,hijau,&kuning
Ada 2 kondisi yang terbentuk setelah anda memposisikan warna sesuai Prinsip-2 *** :
• Kondisi Satu :
Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Dua :
Gerakan penyelesaian :

2c. Menyelesaikan Lt-2 (Gunakan Prinsip-3) :
Selanjutnya untuk menyelesaikan bagian pinggir tengah lantai-2 (sisi samping) gunakan prinsip-3 sehingga semua warna di lantai-2 & lantai-3 ketemu semua, seperti gambar disamping:

Untuk menyelesaikan bagian tengah lantai-2 ini anda harus memperhatikan 2 warna disampingnya (hijau,&kuning) sehingga nantinya sisi samping kanan dan kiri warnanya akan ketemu Lihat sisi warna hijau,&kuning

Ada 2 kondisi yang terbentuk setelah anda memposisikan warna sesuai Prinsip-3 ** :
• Kondisi Satu :
Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Dua :
Gerakan penyelesaian :

SELESAI :Selamat... sekarang anda sudah bisa menyelesaikan kubik-rubik lantai-2 & lantai-3,Setelah anda menyelesaikannya dengan melihat tutorial ini jangan cepat puas, ulangi berkali-kali sampai anda paham dan bisa menyelesaikannya tanpa melihat tutorial ini lagi, coba berkali-kali dengan memilih warna Top dengan warna lain selain warna merah...!


Untuk Tutorial Video bisa di lihat disini:



Artikel selanjutnya kita akan lanjutkan ke langkah terakhir yaitu menyelesaikan kubik-rubik di lantai-1 tapi tunggu article berikutnya ya...,

Kunjungi terus Blog ini.

Ketik email anda disini untuk mendapat update article kami:


Subscribe untuk menerima update gratis di email:

71 Responses to "Menyelesaikan Kubik-Rubik dengan logika, Versi Zuhdi (PART 1)"

netmild mengatakan...

gila lengkap bener jadi cara buatnya gitu ya padahal ane kalo ni maen waduh sehari baru kelar

SaputraMZ mengatakan...

Yg belum nyoba ayo buruan beli, buktikan kalo emang elo suka tantangan, hik3x...! Sementara tutorialnya masih lantai 3 & 2 untuk lantai 1 Cubik-Rubic next article, ditunggu ych...!

MisterXWebz mengatakan...

Gila nih, Mr saputra yang sibuknya minta ampun, masih sempat-sempatnya ngurusin Kubik Rubik,, hahahahaahhaahahha ... Keep posting bro, semangat !!!!

ALOEMADA mengatakan...

Pusing juga ya maen kayak gituan ... hmmmmm...

MisterXWebz mengatakan...

Gila deh, Mr. Saputra orang yang paling sibuk didunia, kok ya masih sempet2nya ngurusin Rubik Kubik hahahahahaahhaha... Keep Posting sob,,, tetap semangat ngeblog .... :D

SaputraMZ mengatakan...

Mr.X: Dengan menunjukkan qta bisa menyelesaikan kubik rubik ke orang lain maka mereka berfikir gila hebat bgtz..., lalu aq jawab Itulah gunanya blogger's saling berbagi ilmu, lalu aq promosi'in blog aq, geto...!

Aloemada: Pusing pertamanya ajah tar kalo dah paham prinsipnya uwenake puwooolll putar-puter, ceklak-ceklek,what-whet what-whet, jadi dech,hik3x...!

Danil Edan mengatakan...

Keren.... keren.... sob

Indra mengatakan...

wahhh tutorialnya lmyan bnyk jg y,
mengasah otak neh,
hrus d coba.
tenkyu sob,
bermanfaat sekali

SaputraMZ mengatakan...

Danil & Indra:
Mkasih banyak guys, saling berbagi ilmu dan informasi...!!

sukses bwat kalian.

hendro-prayitno mengatakan...

ini harus di save pelajarinya pelan-pelan soalnya aku juga punya tapi ga pernah main dan di coba,,adiku suka banget..terima kasih ya atas sharenya..bermanfaat sekali buat asah otak

SaputraMZ mengatakan...

Hendro: Di article berikutnya aq sediain link download tutorialnya dech+videonya sekalian, dari awal ampe selesai semua warna, ditunggu yach...!

yasiin mengatakan...

mantabz gan!
makasih udah sharing! salute 0_0

Tour, Food, and Health mengatakan...

woooww...!!! so detail!

Anonim mengatakan...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

dafiDRiau mengatakan...

Wah mantap betul mas. besok saya beli dulu ah... rubik kubiknya...

SaputraMZ mengatakan...

Makasih banyak dukungannya sobat blogger's...saya masih bikin article kelanjutan yg berjudul .::Langkah Terakhir Kubik-Rubik “Selesai”::.
ditunggu ych guys.

Salam Blogger's

ToPu mengatakan...

Namun jika dipikir lebih lanjut, bermain rubik 99% adalah kemampuan HAFALAN, kurangnya cuman sebagai LOGIKA. Orang yang mampu mencetak rekor menyelesaikan rubik dengan cepat, yang dia lakukan hanyalah giat berlatih dan membuat algoritma baru dari algoritma yang telah ada.......

SaputraMZ mengatakan...

Kalau di article tutorial saya diatas, lt.3 & lt.2 full menggunakan logika/3 prinsip pergerakan, tar lt.1 diarticle brikutnya baru mggunakan hafalan, geto...

putra mengatakan...

Waaw .. Lengkap nih tutornya ..
Iya nih. Sekolah saya lagi geger gegernya sama rubik. Haha.
Sampai ulangan saja bawa rubik.

Guntur mengatakan...

Tolong kasih tau cara lantai 1 nya!

Guntur mengatakan...

plissss

ima mengatakan...

kalo pake rumus gimana yah ?

Ariyanto mengatakan...

Walah apalagi ane 1 hari g bkln kelar

SaputraMZ mengatakan...

Maap kawand baru bisa respon, untuk kelanjutan dari article diatas bisa dibaca & didownload articlenya disini Langkah Terakhir Kubik Rubik Selesai

kharis mengatakan...

Saya juga sudah bisa menyelesaikan Rubik 3x3x3 Pak, tapi masih di bawah 2 menit :P

salam kenal.

SaputraMZ | Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama Garudafood mengatakan...

@Kharis: selamat mas kharis, oh iya boleh tanya apa cara yang mas kharis gunakan sama dengan cara saya di article ini, atau ada jalan lain mungkin, silahkan sharingnya ya mas?

arlian mengatakan...

waduhhhh..
gue puter puter ampe puyeng kepala gue..
masih aja gak kelar kelar..
pusing ane..

SaputraMZ mengatakan...

Jgn menyerah mas Arlian, jangan berambisi muter-muter terus tapi pahami satu persatu dulu satu lantai dulu, kalau dah faham prinsipnya baru berlanjut ke lantai berikutnya. Permainan ini baik untuk melatih kesabaran dan pengembangan otak :)

ARLIAN mengatakan...

oyi mass..
doakan berhasil mas..
hehe..

SaputraMZ mengatakan...

Seeep..., pasti berhasil koq, perlahan tapi pasti! asal ada kemauan tinggi pasti cepet berhasil aqu dlu kurang lebih 1 bulan dah tanpa lihat tutorial ini :)

Rezqy Dwikara Goratama mengatakan...

Disini juga ada..!!

Lebih Mudah..!!
http://habluezshare.blogspot.com/2012/01/sejarah-rubik-dan-download-cara.html

SaputraMZ mengatakan...

Thanks infonya kawan, selalu membaca & belajar ilmu baru.

M. Rifqi Saiful A. H. mengatakan...

sama gan :P

Bestodds123 mengatakan...

BESTODDS123 - SITUS BOLA & CASINO ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

Mari Bergabung Bersama Kami Di www.Bestodds123.com
Bestodds123 Adalah Agent Betting Bola & Casino Online 100% Aman Dan Terpercaya.Tunggu Apa Lagi,Buruan Bergabung Bersama Kami Dan Dapatkan Semua Keuntungannya.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Kami Di :
* TELEPON : 0852 0668 2893
* FACEBOOK : Bestodds_123@yahoo.com
* SKYPE : Best.Odds123
* YM : bestodds123_idr@yahoo.com

obat aborsi asli mengatakan...

waduh artikelnya malah bikin mumet, ada yg lebih simpel gak ya gan?

jasa pembuatan website murah mengatakan...

komplit juga nih tutorial cara main rubik nya, tapi akan lebih memudahkan lagi jika diberi panduan dengan video. website ini sudah support video didalam postingannya kan?

Kost dijual dekat UNS mengatakan...

Anak kecil pasti seneng banget nih main kubik-rubik seperti ini. Ngomong-ngomong, saya sendiri masih belum bisa menyelesaikan permainan ini Mas.

obat diabetes ampuh mengatakan...

pusing juga

obat pelangsing badan alami mengatakan...

harus latihan nyata

agen jamkho kolesterol mengatakan...

ga pernah bisa selesai pasti selalu sisa i/2

obat pelangsing alami ampuh mengatakan...

harus serius belajar

Jasa Buat Website mengatakan...

Dari dulu saya ngga pernah berhasil nh menyelesaikan permainan kubik ini, hahaha

Alvin mengatakan...

Jangan lupa kunjungi blog aku "1 hari bisa main rubik" (http://muhammadalvin24.blogspot.com)

Poker Online mengatakan...

Sangat berguna ini gan.. Thanks ya sukses selalu gan..

Agen Poker
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker Online
Poker Terpercaya
Bandar Domino
Bandar Domino Online
Agen Domino
Judi Poker
Taruhan Poker
Bandar Poker

Unknown mengatakan...

sampew sekarang ane belum bisa maen kubik\
way healthy living
free Download games PC and android
free games PC and android

obat demam berdarah mengatakan...

harus sambil praktek nich, biar langsung ngerti

Obat Diet Paling Manjur Herbal mengatakan...

congratulations on today's activities
thanks to the very latest information about this exciting ,, successful and Greetings

Unknown mengatakan...

The latest information yes ,, thanks in wait and wait again selajutnya information ,, successful and Greetings
good afternoon

Pantangan Asam Urat Yang Belum Diketahui
Pengobatan Tradisional Penyakit Glaukoma Terbaru
Khasiat Telur Untuk Radang Sendi

Densz mengatakan...

Terimakasih atas informasinya,Infonya sangat bagus,Menarik,dan sukses selau
.

Dini Nurul Hidayah mengatakan...

artikelnya menarik,enak dibaca,bisa menambah wawasan,dan terus update pokoknya,Terimakasih.

Pengobatan Tradisional Penyumbatan Pembuluh Darah mengatakan...

Thanks to article,I like it,and good luck.

Obat Tradisional Ginjal Kronis Terbukti Ampuh mengatakan...

Indonesia Hebat

Obat Herbal Kanker Otak Stadium 4 mengatakan...

i like your post,very nice article
,and good luck.

Kang Nurul Iman mengatakan...

Makasih akak atas info nih bermanfaat sekali.
Betul betul betul.

Pengobatan Alternatif Hipertiroid Secara Tradisional mengatakan...

Happy Mother's Day , may be at her mother's affection again each and thank you for the info .
Cara Alami Mengobati Batu Empedu Tanpa Operasi
Pengobatan Alternatif Flu Secara Tradisional
Obat Alami Batu Ginjal Yang Ampuh
Pengobatan Alternatif Penurunan Sel Darah Putih
Cara Alami Mengobati Penyakit Jantung Paling Ampuh

Cara Alami Mengobati Batu Empedu Tanpa Operasi mengatakan...

I hope the spirit of today's activity? Thank you for giving information which is so very useful
Cara Mengobati Penyakit Liver Yang Sudah Parah
Cara Alami Mengobati Infeksi Paru-Paru Ampuh
Pengobatan Alternatif Batuk Berdarah Yang Aman Dan Efektif
Cara Alami Mengobati Tumor Otak Tanpa Operasi
Cara Alami Mengobati Stroke Berat Paling Ampuh

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang Lutut Secara Tradisional mengatakan...

ohh itu ya informasi terbarunya semoga dapat bermanfaat
terus update informasi terkininya ya kepada kami ,, sukses terus

Apakah Gondok Beracun Bisa Menular mengatakan...

website anda memang yang terbaik
sukses terus .. terimakasih sudah menyempatkan memberi kami informasi terbarunya

Obat Kanker Hati Tanpa Operasi mengatakan...

selamat menjalankan aktiftas semoga lancar
di tunggu lagu info selanjutnya

Pengobatan Tradisional Ginjal Yang Terbaru Dan Aman mengatakan...

siang di tunggu terus sajian infromasi terbarunya dari situs ini
sukses ya ,, salam kenal .. semoga harinye menyenangkan

Penyebab Dan Ciri-Ciri Tumor Otak mengatakan...

Where the problem is a gift we can receive wisdom and inspiration to act
Obat Tradisional Laringitis Terbukti Efektif
Waspada! Stroke Ringan Memiliki Risiko Rusak Otak
Penyebab Stroke Ringan Di Usia Muda dan Cara Mencegahnya
Cara Mengobati Wajah Lumpuh Sebelah Secara Tradisional
Obat Tradisional Benjolan Di Tubuh Super Ampuh

Biaya Pengobatan Infeksi Saluran Kemih mengatakan...

With the full support of people nearby so can the spirit? thank you very much for helping

Obat Tradisional Tumor Jinak mengatakan...

Sometimes, God opened the door for him from the direction of that unexpected, so the increase was our treasure

Faktor Penyebab Ginjal Bocor mengatakan...

Zest for lunch today? Thank you for the information

Ciri Ciri Stroke Berat Menyerang Anda mengatakan...

If we appreciate what we have, we have a step up on happiness
Have a good activity
Wanita Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung
Obat Benjolan Di Payudara Terasa Sakit
Obat Benjolan Di Selangkangan Paha Super Ampuh
Faktor Penyebab dan Risiko Terjadinya Penyakit Jantung Koroner
Cara Mudah Mencegah Datangnya Penyakit Jantung Koroner

Harapan Bisa Sembuh Bagi Penderita Stroke Berat mengatakan...

Working all out to cultivate the spirit certainly can to achieve what we yearn

Kios Herbal mengatakan...

Thank you for providing this useful information that we will wait for further information

Apakah Kanker Hati Dapat Menular mengatakan...

Berita yang ada di website anda sangat membantu kami..sukses selalu semuanya !!!
update teru

Gejala Leukimia Pada Orang Dewasa mengatakan...

Thank you very much for today because it has provided a very useful information .

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Secara Alami mengatakan...

Happy monday ^^
Keep strong work

Mata Lelah Apa Obatnya mengatakan...

With the inspiration hopefully the work will be finished soon? Website that is very nice thank you for presenting it.